Musik Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin



Musik Baik Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Ternyata pengaruh dari musik mempunyai manfaat yang cukup besar bagi seorang ibu hamil dan janin, karena janin atau bayi masih didalam kandunganpun sudah dapat mendengarkan suara alunan musik yang diputarkan oleh ibunya. 

Sehingga sekarang para ibu hamil sudah mulai menyadarai besarnya manfaat dari memutarkan musik bagi bayinya yang masih didalam kandungan, terutama jika bayi yang masih didalam kandungan tersebut dapat diperdengarkan musik klasik. 

Karena dengan memperdengarkan musik klasik pada bayi yang masih didalam kandungan maka gelombang suara yang dihasilkan oleh alunan musik klasik ternyata akan dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan si janin sehingga dapat menjadi semakin baik.

Manfaat mendengarkan musik klasik :

1.  Musik Untuk Ibu Hamil

Manfaat mendengarkan musik klasik ternyata  mempunyai pengaruh yang cukup baik untuk seorang ibu hamil, karena selain bisa membantu mengurangi stress untuk ibu hamil maka sekaligus dapat  bermanfaat juga untuk bayi yang masih didalam rahim (janin).

Dalam kondisi hamill biasanya seorang ibu yang hamil akan mengalami perubahan, baik perubahan dalam  bentuk fisik tubuhnya maupun perubahan mentalnya. Ibu hamil biasanya akan lebih sensitif sehingga mudah stress, sehingga untuk mengurangi perubahan yang dialami oleh seorang ibu hamil tersebut  maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendengarkan musik klasik supaya sorang ibu hamil bisa menjadi lebih rileks.

2.  Musik Untuk Bayi Yang Masih Didalam Rahim (Janin)

Ternyata musik klasik dapat mempengaruhi perkembangan otak dari janin atau bayi yang masih didalam kandungan dan memiliki nilai positif bagi kecerdasannya. Musik klasik dapat meningkatkan kecerdasan janin, sehingga dengan memperdengarkan musik klasik kepada bayi yang masih didalam rahim, maka akan membuat kemungkinan bayi kita menjadi lebih cerdas, lebih kreatif, lebih ramah dan mempunyai kemampuan untuk mengingat yang lebih baik.

Seorang ilmuwan dari Inggris telah melakukan percobaan dengan memutarkan sebuah musik pada saat bayi masih didalam rahim ibunya. Musik diputarkan pada saat janin memasuki usia 20 minggu kemudian dilanjutkan dengan diputarkan musik yang sama lagi pada saat bayi berusia 2-3 minggu setelah bayi lahir. Mereka menguji respon bayi tersebut dengan cara memutarkan kembali musik yang sama, seperti yang pernah diputarkan pada saat bayi masih di dalam kandungan.

Dan bagaimana hasilnya? sungguh luar biasa, ternyata sang bayi tersebut mampu mengingat musik yang pernah didengarnya ketika masih didalam kandungan. Reaksi ini ditunjukan oleh bayi tersebut, terlihat bahwa pengaruh musik yang pernah didengarnya membuat bayi tersebut terlihat dapat menjadi tenang ketika musik didengarkan kembali.

Nah, apa manfaat yang dapat diperoleh apabila musik secara rutin diperdengarkan kepada bayi yang masih didalam rahim??

Manfaat dari musik yang diperdengarkan secara rutin kepada bayi yang masih dalam rahim :

- Membantu bayi belajar sejak dini mengenai penularan dasar seperti pengulangan, pergantian dan belajar pada prinsip.
-  Membantu belajar menikmati musik,  bayi akan diajarkan untuk belajar mendengarkan melody dari detak jantung ibunya.
-    Membantu berkomunikasi dengan baik, bayi akan belajar untuk berkomunikasi dengan baik melalui musik yang diperdengarkan berulang-ulang. Sehingga akan membuat bayi belajar mempelajari ucapan dari ibunya.
- Membuat bayi menjadi lebih aktif, karena musik klasik yang diperdengarkan pada saat bayi masih didalam rahim akan membantu mendorong janin untuk bergerak lebih aktif, karena musik klasik sangat mirip dengan detak jantung dari sang ibu sehingga syaraf motorik bayi juga akan kebih aktif jika diperdengarkan lagu klasik.

Cara mendengarkan musik yang tepat bagi janin anda :

- Pegang dan tempelkan earphone pada sisi kiri dan kanan perut ibu dengan volume yang cukup untuk janin saja.
- Waktu yang tepat adalah malam hari sekitar pukul 8, karena saat itu bayi masih beraktifitas hingga tertidur didalam rahim.
- Musik sangat tepat diperdengarkan saat janin berusia 3 minggu, karena diusia tersebut telinga bayi mulai terbentuk hingga pembentukkannya semakin sempurna saat sudah berusia 24 minggu.

Refferensi musik klasik :

- Mozart For Pregnant Piano Concert No.17 Sound Of Stream
- Mother's Song
- Beethoven - Fur Elise (Piano)
- Mozart, batch, beethoven, chopin, brahms symphonny No.8

Dapat dibaca artikel lain : Apa Sih, Musik Klasik Itu??

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang MUSIK BAIK UNTUK IBU HAMIL DAN JANIN , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar