Pengaruh Musik Bagi Otak Kita


Pengaruh Musik Bagi Otak Kita

Pengaruh musik bagi perkembangan otak kita, memang sangat signifikan sekali, terutama bagi anak-anak balita. Sehingga pengaruh musik perlu diberikan kepada para balita sejak usia dini, supaya keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan dapat terjaga, karena keseimbangan otak kiri dan otak kanan tersebut membuat seorang anak dapat bersikap lebih baik dan pandai dalam logika.

Terapi musik menjadi obat
"Otak kiri dan otak kanan seimbang"

Musik dapat menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri kita.
Apa pengaruh dari otak kiri dan otak kanan terhadap cara berpikir kita??

Yuk, Kita bahas bersama fungsi otak kiri dan otak kanan :


1.  Fungsi Otak Kiri 


"Bermain Puzzle"

Fungsi otak kiri adalah :

Fungsi otak kiri adalah untuk mengatur kemampuan seseorang pada nalar kita seperti tulisan, berhitung dan berlogika.
Kerusakan pada otak kiri kita akan berakibat akan terjadi gangguan ingatan jangka pendek kita, seperti cara berbicara dan logika matematika.

Ada beberapa cara untuk dapat mempertahankan otak kiri supaya dapat bekerja dengan baik, diantaranya adalah kita dapat berlatih dengan bermain puzzle, belajar menghitung dan belajar ilmu pasti lainnya.

2.  Fungsi Otak Kanan


"Mampu Berkhayal, Membedakan Warna-Warna"

Fungsi otak kanan adalah :

Fungsi Otak kanan mempunyai fungsi berpikir kreatif dan memberikan kemampuan seseorang berkhayal, mencurahkan emosi, membedakan warna dan ilmu ruang.

Otak kanan mempunyai kemampuan untuk menyimpan memory dalam jangka yang lama. Sehingga apabila terkena stroke atau tumor otak maka kemampuan visual dan emosinya akan terganggu.

Kita juga dapat melatih untuk menjaga ketajaman otak kanan kita, dengan cara sering-sering mendengarkan atau memainkan musik.

Ketika anak belajar disekolah formal TK, SD, SMP dan SMA maka banyak menggunakan otak kirinya, karena kurikulumnya lebih banyak porsi pelajaran matematika, ilmu pasti dan pelajaran yang harus menghafal.

Dengan pelajaran disekolah yang lebih mengaktifasi otak kirinya maka akan tidak seimbang antara otak kiri dan otak kanannya sehingga otak kanan menjadi lemah. Hal ini akan menyebabkan anak akan suka berbicara kasar, tidak kooperatif dan tidak kreatif dalam cara berpikirnya (Anak tidak mempunyai Emotional Intelligent).

Sehingga seringkali ditemukan seorang anak yang pandai tetapi tidak mempunyai perasaan atau sangat kasar kalau berbicara. Ini terjadi karena tidak ada keseimbangan antara otak kiri dengan otak kanannya, sehingga otak kirinya cukup baik tetapi otak kanannya justru lemah.

Pengaruh musik klasik adalah solusi untuk mengaktifasi otak kanan, karena pada saat belajar musik klasik seorang anak harus mempelajari not balok, harus bisa membaca not balok dan harus menghitung ketukkannya. Kemudian pada waktu memainkan musik anak harus mengetahui dinamika dari lagu. Hal ini membutuhkan mengaktifasi otak kanan karena dalam memainkan musik harus dapat dirasakan (Feel) bukannya dipikir (Think).

Dengan memainkan alat musik telah dibuktikan bahwa dapat mengaktifkan hubungan syaraf mata dan motorik, karena sewaktu membaca not balok mata harus melihat not balok kemudian masuk ke otak dan diproses. Otak memerintahkan otot motorik pada lengan dan jari untuk memainkan musik.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang PENGARUH MUSIK BAGI OTAK KITA , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar