Ayo, Lebih Mengenal Alat Musik Trompet


Ayo, Lebih Mengenal Alat Musik Trompet

Seperti biasanya apabila kita ingin belajar suatu alat musik trompet maka kita perlu mengenal terlebih dahulu alat musik trompet akan kita pelajari. Tujuannya apa, tujuannya adalah supaya kita dapat memainkan alat musik trompet dengan mudah dan dengan penuh perasaan serta dapat menghasilkan nada yang sesuai dengan yang kita inginkan. Itulah tujuan sebenarnya mengapa kita perlu terlebih dahulu mengenal dari alat musik yang akan kita pelajari.

Ayo, kita cermati satu persatu supaya kita bisa lebih mengenal dari alat musik trompet :

    1.  Keluarga Alat Musik Trompet

ALAT MUSIK  APA SAJAKAH YANG TERMASUK DALAM KELUARGA DARI ALAT MUSIK TROMPET :
Dari sejumlah alat musik tiup yang ada, maka yang termasuk  kedalam keluarga  alat musik trompet adalah : Connet, corno, french horn, trombone, tuba dan lain-lain.

2.  Ukuran Brasswind


Jika dilihat dari ukurannya maka bentuk ukuran dari salah satu alat musik tiup keluarga brasswind, khususnya untuk alat musik trompet, mempunyai 2 macam bentuk ukuran, yaitu :
-  Seukuran botol bir, sangat imut
-  Sebesar badan ular anaconda

3.  Model Trompet

Model dari trompet memang ada bermacam-macam dan jika tidak diperkecil atau digulung ataupun juga ditekuk,  tentu saja bentuk trompet akan panjang sekali.

Beberapa macam bentuk trompet yang sudah diringkas atau diperkecil bentuknya akan menjadi seperti :
- Ditekuk atau digulung spiral supaya ringkas
- Dibentuk seperti klip penjepit kertas
- Dibentuk seperti peniti
- Dibentuk seperti obat nyamuk.

4.  Mounthpiece

Dalam suatu alat musik tiup bagian yang disebut dengan mounthpiece ini sangat diperlukan sekali, karena tanpa mounthpiece maka trompet tidak akan berarti apa-apa karena trompet tidak akan bisa dibunyikan.
Meskipun bentuk dan ukuran dari alat musik tiup ada bermacam-macam,  tetapi untuk semua yang termasuk dalam keluarga brasswind pada dasarnya akan mempunyai kesamaan dalam hal cara membunyikannya. Karena semuanya akan dibunyikan dengan cara ditiup mouthpiecenya.

5.  Alat Pengatur Bunyi Trompet

Pada jenis alat musik tiup trompet, sangat membutuhkan suatu alat yang dipergunakan untuk mengatur bunyi yang dihasilkan dari alat musik tersebut. Alat pengatur bunyi trompet disebut "PISTON", dan  untuk satu trompet akan terdapat 3 buah piston yang terletak dibadan trompet.

Dapat Dibaca Artikel Lain : Cara Memainkan Alat Musik Trompet

Nah, sekarang bagaimana cara menggunakan piston supaya dapat diperoleh nada :
Cara menggunakan piston adalah dengan cara menekan tombol piston, dan dengan menekan tombol piston maka trompet mampu menghasilkan semua nada kromatik yaitu :
Do - di - re - mi- fa - fi - sol dan seterusnya, hingga  dapat mencapai lebih dari 2,5 oktaf.

Dalam perkembangan dari alat musik trompet, maka untuk pertama kalinya system piston ini berhasil dikembangkan oleh Heinrich Stoezel, sehingga didalam tabung piston akan terdapat kelengkapan seperti per, yang membuat piston dapat ditekan dan dapat kembali membal keposisi semula secara otomatis.

Fungsi lubang yang ada di body piston :
Beberapa lubang yang berada di body piston, mempunyai fungsi untuk mengeluarkan udara ke jalur nada yang dikehendaki oleh peniup. Semakin panjang jarak nadanya maka nada yang dihasilkan akan semakin rendah.

6.  Cara Kerja Piston

Dalam memainkan alat musik trompet, peran atau cara kerja piston sangat penting sekali untuk diketahui oleh setiap pemainmusik tersebut.

Nah, bagaimana cara kerja piston supaya dapat menghasilkan nada :
- Posisi piston tanpa ditekan disebut posisi open.
- Kode angka 1: menekan piston pertama dengan jari telunjuk kanan disebut posisi 1.
- Kode angka 2 : menekan piston dengan jari tengah disebut posisi 2.
- Kode angka 3 : menekan piston dengan jari manis disebut posisi 3.

Jika diperhatikan dari letaknya maka untuk letak piston yang paling dekat dengan mouthpiece disebut piston pertama, selanjutnya piston kedua yang berada ditengah sedangkan piston ketiga berada didekat corong.

Dapat Dibaca Artikel Lain : Apa Sebenarnya Keasyikan Dalam Bermain Alat Musik Trompet

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang AYO, LEBIH MENGENAL ALAT MUSIK TROMPET , semoga bermanfaat dan dapat menambah perbendaharaan musik kita. Tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Sumber dari : majalah Intisari

0 komentar