Bob Dylan, Seorang Pencipta Lagu Terhebat Dari Amerika Serikat

Bob Dylan, musisi legendaris Amerika
(dok.popmatters.com)

Bob Dylan, Seorang Pencipta Lagu Terhebat Dari Amerika Serikat

BOB DYLAN MERUPAKAN MUSISI LEGENDARIS DARI AMERIKA SERIKAT INI, MERUPAKAN PENCIPTA LAGU TERHEBAT SEPANJANG MASA.

Julukan sebagai musisi legendaris diperoleh dari Majalah Rolling Stones, dia dinobatkan sebagai musisi legendaris dan juga sebagai pencipta lagu terhebat, serta menempati urutan teratas dalam daftar 100 Greatest Song Writters Of Alltime.

Lagu yang berjudul "Shadows in the night" merupakan lagu karya terbaru dari Bob Dylan, yang rencananya akan dirilis pada tahun 2015 ini. 

Sekilas Biografi Bob Dylan

Bob Dylan memang seorang musisi hebat asal Amerika, kelahiran Duluth, Minnesota, Amerika Serikat, tanggal 24 Mei 1941, dengan nama Robert Allen Zimmerman. Musisi hebat asal Amerika ini mempunyai pengaruh cukup kuat terhadap musik Amerika dibandingkan dengan karya musisi lain seperti Stephen Foster, Irving Berlin, Woody Guthrie, Bruce Springsteen maupun Hank Williams.

Penghargaan Nobel Sastra telah diperoleh BobDylan tahun 2016 atas penciptaan jenis ekspresi puitis baru dalam tradisi lagu Amerika yang sangat mempesona dan unik. Majalah musik Rolling Stones juga memasukan Bob Dylan dalam peringkat kedua dalam daftar Greatest Artists of All Time setelah The Beatles.

The Beatles merupakan musisi yang memiliki berbagai macam karakter musik adalah salah satu grup musik yang terpengaruh dengan gaya musik Dylan serta sering mendengarkan lagu lagu milik Dylan. Namun, nasib berkata lain karena Bob Dylan justru dikalahkan oleh The Beatles.

Bob Dylan, selain satrawan juga sebagai musisi multidimensional yang sudah berdedikasi dan berkiprah didunia musik dalam waktu yang tidak sebentar, untuk perjuangan Bob Dylan dalam memprovokasi lahirnya sederetan genre musik dalam musik pop, musik folk rock serta country rock.

Sejak usia 6 tahun, Bob Dylan sudah bermain gitar dan harmonika serta sudah masuk menjadi anggota grup musik rock & roll bernama The Golden Chord ketika SMA. Ketika masuk Universitas Minnesota di Minnepolis untuk belajar seni di Universitas tersebut, Bob Dylan mulai menyanyikan lagu lagu rakyat di kedai kopi Bob Dylan.

Ketika mendengarkan musik blues di kampusnya, Bob Dylan menjadi terinspirasi sebagai jalan karir musiknya untuk selanjutnya, baik dalam menulis lagu lagunya serta alat musik yang digunakan sebagai alat musik khas Bob Dylan yaitu gitar dan harmonika.

Bob Dylan akhirnya tumbuh dan berkembang secara kasat mata untuk menjadi seorang musisi profesional. Akhirnya pada tahun 1961, Bob Dylan pindah ke New York City dan mulai tampil di kedai kopi dengan pamor khasnya telah menjaring penggemar yang cukup banyak.

Setelah tampil sebagai pembukaan konser satu dan konser lainnya, ternyata Bob Dylan mendapat respon bagus sehingga pada tahun 1961 mulai mendapat kesempatan menandatangani kontrak sebagai penulis lagu.

Album debut pertama dari Bob Dylan berhasil dirilis tahun 1962 oleh Hammond, berisi lagu rakyat serta blues standar dengan komposisi asli. Dalam album keduanya yang berjudul The Freewheelin’Bob Dylan berisi lagu lagu tentang protes politik dari Greenwich pada saat itu. Namun, terdapat lagu yang dihapus sebelum dirilis, diantaranya Mixed Up Confusion dan Taking John Birch Society Blues.

Tetapi lagu asli dari The Freewheelin’Bob Dylan ini justru sangat berpengaruh pada komunitas folk Amerika Serikat sehingga banyak penyanyi yang mulai merilis ulang lagu lagu dari album tersebut.

Diantaranya lagu Blowin in the wind dibawakan oleh Peter, Paul and Mary telah berhasil menjadi lagu pop hit pada tahun 1963, sehingga nama Bob Dylan menjadi semakin dikenal.

Freewheelin berhasil menjadi lagu hit pada tahun 1963, setelah lagu tersebut tampil pada pembukaan untuk musisi folk populer Joan Baez, sehingga melejit menduduki peringkat 23 di tangga lagu.

Tahun 1964, merilis lagu The Times They Are A-Changin dan lagu ini melejit di New York melampaui rekannya karena lagu ini lebih menggugah dan lebih berpendidikan serta terinspirasi layaknya Arthur Rimbaud dan John Keats.

Setelah itu, Bob Dylan lebih melebarkan batas musiknya dengan merambah ke musik blues dan musik r&b pada lagu ciptaan selanjutnya. Hal ini diwujudkan dalam album Another Side of Bob Dylan yang dirilis pada tahun 1964, dimana telah terjadi perubahan warna musik Bob Dylan secara nyata.

Bob Dylan akhirnya menikah dengan Sara Lowndes seorang mantan model dan pada saat berbarengan Bob Dylan merekam album debut Mr Tambourine Man untuk The Byrds yang berisi lagu lagu dengan aransemen elektrik beraliran musik folk rock dan single ini menjadi lagu hit juga.

Bob Dylan juga terinspirasi oleh kelompok musik Animals untuk The House of The Rising Sun, sehingga dia merekam lagu lagu dengan pengiring band rock and roll pada album Bob Dylan selanjutnya. Lagu yang dirilis tahun 1965 berjudul Bringing It All Back Home masih ada sisi akustiknya, namun lagu ini tidak bisa diterima oleh para penonton Bob Dylan meskipun oleh komunitas rock & roll tidak menjadi masalah.

Tahun 1970, Bob Dylan merilis album souble Selt Portrait, album ini berisi lagu daur ulang, trek live, re interpretasi serta lagu baru, namun lagu barunya mendapat respon tidak bagus dari media.

Dengan kondisi tersebut, Bob dylan segera merilis album baru berjudul New Morning. Akhirnya album ini mendapat pujian sebagai “Comeback” dari Bob Dylan.

Tahun 1973 merilis sountrack untuk film yang memunculkan Konckin’ on Heaven’s Door dan memperoleh hit paling besar bagi Bob Dylan setelah sountrack film Lay Lady Lay .

Konser yang diselenggarakan tahun 1974 yang didukung oleh The Band untuk album Planet Waves yaitu album peringkat pertama untuk pertama kalinya sebelum Bob Dylan kembali ke Columbia. Konser ini menjadi konser paling berhasil dalam sejarah rock and roll. Dan semua konser ini direkam dalam album ganda live Before the Flood pada tahun 1974 juga.

Tahun 1975, Bob Dylan merilis album Blood on the Tracks dimana album ini muncul karena pernikahannya dan album ini berhasil menjadi album peringkat pertama yang kedua bagi Bob Dylan.

Bob Dylan merencanakan konser besar yang didukung oleh sederetan penyanyi dan musisi terkenal seperti Joan Baez, Joni Mitchell, Ramblin’Jack Elliot, Arlo Guthrie, Mick Ronson, Roger McGuinn serta penyair Allen Ginsberg. Konser ini diberi nama konser Rolling Thunder Revue dan selama konser ini berlangsung, menampilkan lagu Bob Dylan Hurricane.

Hurrican ciptaan Bob Dylan ini adalah lirik lagu protes yang menceritakan tentang seorang petinju Rubin Carter, yang ditangkap serta dipenjara secara semena mena karena pembunuhan.

Lagu hurrican Bob Dylan ini adalah salah satu lagu dari album Desire yang dirilis tahun 1976 telah mendapatkan banyak apresiasi yang luar biasa karena telah menduduki tangga lagu selama 5 minggu.

Pada awal tahun 1978, album Bob Dylan telah mendapatkan tanggapan buruk kembali yaitu album live Hard Rain, Renaldo and Clara adalah film 4 jam yang berpedoman pada konser Rolling Thunder. Bob Dylan juga mengadakan konser pada tahun tersebut di Las Vegas dan konser tersebut direkam dalam album Street Legal serta album live At Budokan dirilis tahun 1979.

Selama masa karir musiknya, sudah banyak lagu-lagu hit yang berhasil diciptakan oleh Bob Dylan, diantara lagu-lagu tersebut adalah  :

- Like a rolling stones
- Blowin in the win
- Knock  an on heaven door
- Make you feel my love
- Forever young

Lagu-lagu karya Bob Dylan ini banyak dinyanyikan lagi oleh musisi-musisi generasi baru, karena hasil karya lagunya memang benar-benar bagus sehingga selalu dapat diterima oleh generasi  apapun meskipun  berbeda generasi.

Pada hari kamis (20/08/2015) telah dilansir oleh Music News.com, bahwa  Bob Dylan adalah seorang musisi yang  tidak hanya sebagai musisi legendaris saja tetapi dengan kehebatannya dalam menciptakan lagu. Bob Dylan dapat masuk ke dalam daftar 100 pencipta lagu terhebat sepanjang masa. Musisi kontemporer masa kinipun dapat menjadi terkenal karena menyanyikan lagu dari Bob Dylan.

Sejumlah musisi kontemporer yang berhasil sukses diantaranya adalah Taylor Swift, Eminem, Kanyo West, Bjork dan Joy Z.

Sungguh prestasi yang luar biasa dari Bob Dylan, karena selama 5 dekade dia dapat menjadi musisi yang sangat berpengaruh. 

Selama masa karirnya, dia mengalami masa suksesnya di era tahun 1960 an karena Bob Dylan berhasil menjual rekamannya hingga mencapai 100 juta keping rekaman dan juga berbagai macam penghargaan berhasil diraihnya.


Terima kasih sudah bekunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang BOB DYLAN, SEORANG PENCIPTA LAGU TERHEBAT DARI AMERIKA SERIKAT, semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi kita tentang musik serta dapat dibagikan ke teman-teman pencinta musik lainnya.

0 komentar