Cara Mudah Belajar Biola Untuk Pemula

Belajar biola untuk pemula
(sumber gbr classicalic.blogspot.com)

Belajar biola untuk pemula harus bagaimana ?

Cara mudah belajar bermain  biola bagi pemula dapat dilakukan dengan belajar biola otodidak. Oleh sebab itu banyak juga yang bertanya belajar biola berapa lama supaya dapat memainkan biola dengan benar. 
 
Namun demikian, untuk belajar biola bagi pemula sebaiknya diawali dengan mengerti dan menguasai tehnik dasar tentang cara bermain biola dengan benar terlebih dahulu.

ADA BEBERAPA TIP SUPAYA KITA  DAPAT MEMAINKAN BIOLA SECARA BENAR :

1.  Kencangkan Bow Atau Busur


Rambut bow biasanya dibiarkan lemas apabila tidak dipakai dan cara mengencangkan bow dapat dilakukan dengan cara memutar skrup yang ada dibagian ujung bow. 
 
Kemudian putar skrup hingga tercipta jarak antara rambut dengan tangkai bow dengan jarak kira-kira selebar diameter lingkaran pensil.

Jangan menggunakan jari kelingking untuk mengukur jarak tersebut. Hal ini, karena minyak ataupun keringat dari jari kita akan berpindah ke rambut bow yang akan mengakibatkan suara biola menjadi tidak bagus.
 
Oleh sebab itu, sebaiknya kondisikan rambut bow agar tetap kering supaya dapat menghasilkan suara yang bagus.

2.  Gosok Rambut Bow



Rosin biasanya ada 2 macam yaitu yang berwarna gelap dan cerah, keduanya mempunyai kegunaan yang sama yaitu untuk menggosok rambut bow agar supaya rambut bow menjadi sedikit lengket sehingga dapat mencengkeram senar biola pada saat digunakan.

Gosok rambut bow secara lembut dari ujung ke ujung dan kegiatan ini cukup dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali saja.
 
Hal ini, karena jika terlalu banyak menggoso rambut bow maka akan membuat rambut bow menjadi sangat lengket, sehingga akan mencengkeram senar biola terlalu kuat, yang akhirnya akan menghasilkan suara yang terlalu melengking dan akan memekakkan telinga kita.

3.  Menyetem Senar Biola


(sumber gbr : ruland.wodpress.com)
 
Setiap akan memainkan biola sebaiknya perlu mengetem senar biola terlebih dahulu. Hal ini, supaya dapat menghasilkan nada yang benar dan sesuai. Urutan nada yang dihasilkan oleh biola dari nada terendah hingga tertinggi adalah G-D-A-E.

Untuk membantu menyetem senar biola sebaiknya dapat menggunakan tuner listrik ataupun pelup nada, dengan cara putar pasak turing pada ujung leher biola sampai mendapatkan nada yang tepat.

4.  Cara Memegang Bow


(sumber gbr : bekasiorkestra.wordpress.com)
 
Letakkan bow pada bagian tengah jari telunjuk pada pegangan tongkat dan ibu jari digunakan untuk menahan pada arah berlawanan.

Kemudian pegang bow dengan santai ketika akan digunakan untuk menggesek, jangan terlalu ketat atau kaku.

5.  Cara Memegang Biola


(sumber gbr : kaskus.co.id)
 
Berdiri atau duduklah dengan posisi punggung lurus, kemudian peganglah biola dengan tangan kiri dan letakkan biola pada tulang bahu dan menempel dileher kita.

Kemudian jepit biola dengan tulang rahang kita, fungsinya agar posisi biola stabil dan tidak lepas.

6.  Sempurnakan Posisi Tangan



Tangan kiri yang memegang biola , kita harus memposisikan telapak tangan kita agak sedikit dibawah dagu sehingga posisi biola lurus dan sejajar.

Tangan kanan yang memegang bow, khusus untuk pemula kita harus memulai dengan mengangkat tangan setinggi mungkin untuk memudahkan kita pada saat menggesek senar biola dari senar dengan nada terendah hingga senar nada tertinggi. 
 
Dengan demikian, kita akan mendapatkan posisi yang benar dan nyaman setelah terbiasa.

7.  Mulailah Belajar Menggesek Senar Biola


 
Mulailah menggesek senar dalam keadaan tidak dipencet (los senar), pertama gesek panjang kemudian pendek.
 
Untuk selanjutnya gesek dengan tekanan dengan lembut dan latihan ini akan membiasakan telinga kita untuk mendapatkan tekanan suara yang sesuai.

Setelah itu cobalah berlatih dengan memainkan nada Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si, pada setiap senarnya maupun antar senar.
 
Nah, sekarang Anda dapat mencoba belajar biola gratis karena Anda belajar biola secara mandiri dan belajar biola otodidak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan sudah membaca artikel tentang CARA MUDAH BELAJAR BIOLA UNTUK PEMULA, semoga bermanfaat dan dapat dibantu share ke teman-teman pecinta musik lainnya.

Selamat mencoba !!

0 komentar