Pengertian Musik Dan Manfaat Musik



Pengertian Musik Dan Manfaat Musik

Musik terbentuk dari suara yang dihasilkan oleh berbagai macam alat-alat musik yang dimainkan, sehingga alat musik tersebut menghasilkan suara-suara dengan nada-nada tertentu. Suara-suara yang dihasilkan oleh bermacam-macam alat musik tersebut dipadukan menjadi sebuah irama. Irama-irama tersebut dipadukan lagi supaya terjadi keharmonisan sehingga dapat mengiringi sebuah lagu yang enak didengar dan dinikmati oleh kita semua.

Guntok adalah salah satu dari seorang yang sangat menyukai berbagai macam jenis musik, baik musik keroncong, dangdut, jazz, rock maupun jenis musik lainnya yang tidak saya sebutkan semuanya. yang terpenting musik tersebut dapat dinikmati keindahannya oleh telinga Guntok.

Lewat musik juga dapat membuat pesan apapun bisa disampaikan dengan lebih mudah, baik pesan perdamaian, pesan mengenai lingkungan hidup maupun pesan-pesan yang berisi peringatan atau nasehat-nasehat yang akan disampaikan kepada masyarakat umum, semuanya dapat dilakukan melalui musik.

Selain musik dapat dinikmati untuk hiburan ternyata musik dapat digunakan untuk :

1.  Pengantar Tidur

Pengaruh musik bagi otak kita

Kualitas tidur yang bagus akan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Sehingga efek langsung yang dapat dirasakan adalah kita akan merasakan segar dan bersemangat pada saat bangun pagi, apabila kualitas tidur kita bagus.

Orang yang mempunyai penyakit susah tidur atau insomnia akan sangat sulit memperoleh kualitas tidur yang bagus tersebut. Oleh karena itu tidak ada salahnya kalau kita mulai mencoba mendengarkan lagu santai yang bisa membuat rileks dan akhirnya kita bisa tertidur dengan nyenyak, dan yang paling utama hasil akhirnya kita bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Referensi lagu yang dapat didengarkan : 

- Careless Whisper (jurge Michel)
- The moment (Kenny G)
- The shadow of your smile (kenny G)

2.  Musik Dapat Menghilangkan Stress



Dengan mendengarkan musik relaksasi maka bisa menghilangkan stress. Musik dengan jenis relaksasi ini dapat membantu kita untuk mendapatkan gelombang otak dan gelombang jantung yang dapat memudahkan kita masuk kedalam zona bawah sadar dan menimbulkan efek pengembangan rasa percaya diri dan rasa segar.

Contoh musik : Mendengarkan suara-suara alam seperti kicauan burung, ombak dipantai, nyanyian jangkrik dan desiran angin yang membuat daun-daun pepohonan bersuara karena dihembuskan oleh angin.

3.  Musik Penyemangat Kerja




Ayo, awali kegiatan kita dengan musik supaya kita dapat merasakan manfaat dari mendengarkan musik.
Dipagi hari, pada saat kita akan bersiap-siap berangkat kerja cobalah untuk mendengarkan musik yang bersemangat supaya semangat  kerja kita dapat muncul kembali.

Pernyataan ini diperkuat oleh seorang peneliti yang bernama Dr. Anneli Haake yang dilansir oleh Sheffield.ac.uk yang dipublikasikan dalam musical scientiae.

Hasil dari penelitian tersebut ternyata musik dapat mengembalikan semangat karyawan dalam bekerja serta dapat mengurangi stress, dan dapat meningkatkan konsentrasi karyawan dalam bekerja serta dapat juga meningkatkan mood positif.

Referensi lagu yang dapat didengarkan : 

- Black out (Scorpions)
- Eye of the tiger (Survivor)
- Black dog (Led Zeppelin)
- Jump (Van Halen)
- Another one bites the duts (Queen)

Terima kasih sudah berkunjung di blog ini yang berisi artkel tentang PENGERTIAN MUSIK DAN MUSIK , semoga bermanfaat dan tidak lebih indah dari kesempatan kita untuk dapat berbagi mengenai informasi musik yang sudah kita dapat sehingga dapat membagikan juga ke teman-teman pecinta musik lainnya.

0 komentar