Sejarah Dan Perkembangan Dari Musik Pop

Pengertian dari musik
Musik pop merupakan jenis musik populer modern yang dikenal di Amerika Serikat
(Sumber gbr. : dok.amy0511.wordpress.com)

Kapan pertama kali musik pop digunakan?

Musik pop adalah suatu  musik yang mempunyai pengertian sebagai musik populer, karena musik ini sudah tersebar secara luas dan dikenal oleh berbagai macam kalangan masyarakat di seluruh dunia. Musik pop pada umumnya lebih menonjolkan sifat komersialnya.  

Musik pop memang merupakan salah satu genre musik yang lebih mudah untuk dapat diterima oleh berbagai macam kalangan masyarakat. 

Hal ini, karena musik pop pada kenyataannya menjadi musik yang lebih mudah untuk dinikmati oleh masyarakat meskipun mereka adalah masyarakat yang awam tentang musik.

Musik pop merupakan jenis musik yang mempunyai orientasi komersial sehingga lebih bersifat untuk diperdagangkan. Hal ini, karena musik pop ini mempunyai prinsip agar dapat diterima oleh khalayak luas.

Perkembangan musik pop pertama kali terjadi di Amerika disekitar tahun 1920 an dan pada saat itu rekaman musik pop pertama kali dibuat dengan menggunakan pedoman yang ditemukan oleh Thomas Edison berupa Ragtime. 
 
Musik Ragtime ini sudah ada di Amerika Serikat sejak tahun 1920, dimana musik Ragtime ini sering diartikan sebagai Cincang Babi, yaitu sebuah musik asli Amerika yang telah mendapat pengaruh dari etnis Afrika-Amerika serta pengaruh dari musik klasik Eropa.

Musik Ragtime ini juga sudah ada di daratan Amerika sekitar tahun 1890 sampai dengan 1920, dengan ciri-ciri musiknya yang sangat terlihat dari tempo musiknya yang cepat, kemudian didominasi oleh sinkopasi.
 
Namun demikian, ada juga musik ragtime yang mempunyai tempo tidak terlalu cepat. Alat musik yang sering digunakan oleh musik ragtime diantaranya adalah piano. Pada saat itu, para pianisnya dalam memainkan pianonya selalu dengan menggunakan gaya cincang-babi.
 
Di Amerika dan di Inggris jenis musik populer ini dipakai di pertengahan tahun 1950 an, dimana penggunaan musik populer dan musik pop dipakai secara bergantian. 

Perlu kita ketahui bahwa para pianis yang pernah memainkan dan berkontribusi dalam menciptakan musik ragtime diantaranya adalah :


1.  Scott Joplin (1868 - 1917)


2.  James Scott (1885 - 1938)


3.  Joseph Lamb (1887 - 1959)


Dengan berjalannya waktu maka musik ragtime ini mulai berkembang dengan sendirinya dan menjadi genre musik baru yang biasa disebut dengan musik populer.
 
Perkembangan ini terjadi setelah berakhirnya perang dunia ke 2 dan terjadi di benua Amerika sehingga musik populer ini kemudian menjadi sebuah genre musik yang disukai oleh masyarakat diseluruh dunia.

Musik Amerika latin ternyata sudah ada di Amerika sejak tahun 1857, setelah itu mulai bermunculan musisi-musisi seperti :

- George Bizets Hababera dan opera Carmen (1875)
- Scott Joplin,s Mexican Serenade
- Solace (1902)
- Maurice Rapsodie Espagnole (1907)
- Bolero (1928)
 
Para musisi Amerika inilah yang telah berkarya dengan menciptakan musik Amerika latin dengan karya-karyanya yang luar biasa pada saat itu.

Dengan maraknya dansa tango yang terjadi disekitar tahun 1920, maka membuat dansa tango ini mulai terkenal sejak ditampilkan dan  sejak menjadi salah satu balroom dance yang sangat terkenal di Amerika dan Eropa.
 
Hal ini, telah membuat musik pop latin juga mulai dikenal melalui lagu tanggo dan gaya step dansa yang agresif dari lagu tersebut, sehingga ini dapat membuat semakin tenarnya musik pop latin pada saat itu.

Akhirnya musik latin pop ini, begitu cepatnya mulai disukai oleh penggemar musik diseluruh dunia pada masa sekitar tahun 1930 dan 1940 an. Untuk selanjutnya, lahirlah musisi-musisi seperti Xavier Cugat, Peres Prado dan masih banyak lagi musisi musisi lainnya.

Pada saat itu musik ini akhirnya mengalami perkembangan lagi dalam segi iramanya sehingga terbentuklah musik jenis Rhumbia, Samba, Conga, Salsa dan Mambo.

Dalam kenyataannya untuk membedakan musisi-musisi musik pop dengan musisi-musisi genre musik lainnya terkadang sangat sulit. Hal ini, disebabkan karena musik pop sendiri merupakan suatu nama dari genre musik secara umum.

Lagu lagu musik pop mempunyai ciri ciri standard, antara lain :

- Melodinya mudah dipakai untuk berbagai macam karaker lirik

- Mudah dan fleksible dikombinasikan dengan jenis style lainnya

- Lirik lagunya mudah diserap dan dinyanyikan

- Harmoninya tidak terlalu rumit dan mempunyai tempo yang bervariasi

Untuk lagu lagu musik pop balada memiliki ciri ciri, antara lain :

- Temponya lambat dan sedang

- Pola melodinya bervariasi tergantung liriknya

- Lirik lagunya ekspresif dan berupa sindiran

- Memiliki cerita tentang rasa sosial dan suka duka kehidupan

Berikut Penyanyi-penyanyi pop pria yang terkenal diantaranya adalah:

Elton John, Jesse McCartney, Michael Jackson, Ricky Martin, Robbie Williams, Justin bieber, dan masih banyak lagi penyanyi pop pria lainnya.

Sedangkan Penyanyi-penyanyi pop wanita yang terkenal dan tidak asing ditelinga kita adalah:

Chantal Kreviazuk, Celine Dion, Madonna, Mariah Carey, Whitney Houston, Selena Gomes dan masih banyak lagi penyanyi penyanyi pop wanita lainnya.

Kelompok band musik pop yang terkenal dan sebagian besar juga telah saya tulis didalam artikel-artikel saya sebelumnya, antara lain adalah:

The Beatles, Bee Gees, Duran Duran, Boyzone, Westlife, One Direction dan masih banyak lagi band terkenal yang menggunakan genre musik pop lainnya.

Terima kasih telah berkunjung dan telah membaca artikel SEJARAH DAN PERKEMBANGAN DARI MUSIK POP, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan musik kita.

0 komentar